Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Benda beraneka ragam
Pertemuan / waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan demonstrasi
A. Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya
melalui pengamatan.
B. Indikator
o Menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/halus dan rasa benda/objek.
o Menentukan persamaan dari benda yang berbeda.
C. Materi Essensial
o Benda beraneka ragam (hlm 39)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gambar atau benda sesungguhnya.
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menceritakan ciri-ciri benda
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o Siswa dapat menunjukkan bahwa benda-benda dapat
- berbeda bentuk.
- Ada rasa manis, asin, asam, pahit
- Ada yang lembut dan keras
- Ada yang halus dan kasar
- Berwarna warni
- Ada benda yang harum dan berbau busuk
- Ada benda yang sama bentuknya
o .. . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa benda itu beraneka ragam
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o Tugas 3.1
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Benda berubah bentuk
Pertemuan / waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan demonstrasi
F. Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
G. Indikator
o
Membandingkan bentuk
benda.
o
Menceritakan hasil
pengamatan perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu.
H. Materi Essensial
o Benda berubah bentuk (hlm 45)
I. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gambar perubahan benda
J. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menagih Tugas 3.1
o Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi benda berubah bentuk untuk menuntun siswa atau siswa
membaca secara bersama .
o Siswa menunjukkan bahwa benda dapat berubah bentuk seperti:
i. Tanah liat ® pot, genteng, kendi, batu bata
ii. Kayu ® meja, kursi, lemari, pensil
iii. Kapas ® baju, celana, rok, kebaya
o . . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa benda dapat berubah bentuk menjadi bentuk
lain dan mempunyai kegunaan yang berlainan.
o . . . . . . . . . . . .
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o -
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Kegunaan benda
Pertemuan / waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
K. Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.
L. Indikator
o Menerangkan kegunaan benda di rumah, di sekolah dan tempat lain.
o Mendemonstrasikan cara penggunaan beberapa benda.
o . . . . . . . . . . . .
M. Materi Essensial
o Kegunaan benda (hlm 46)
N. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gpiring, garpu, sendok, pisau, roti, margarin dan selai
O. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Menceritakan perlunya merawat lingkungan sekitar.
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi kegunaan benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca
secara bersama.
o Siswa melakukan kegiatan 3.1
o Siswa melakukan kegiatan 3.2
o . . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa setiap benda mempunyai kegunaan
o . . . . . . . . . . . .
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o Uji Kompetensi dan latihan soal
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Gerak benda
Pertemuan / waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
P. Kompetensi Dasar
3.4 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak
melalui percobaan.
Q. Indikator
o Membedakan bentuk benda yang mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak.
o Memperagakan cara menggerakkan benda
o . . . . . . . . . . . .
R. Materi Essensial
o Gerak benda (hlm 58)
S. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gambar bola , roda
T. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi gerak benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca
secara bersama.
o Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
o Melakukan kegiatan 4.1 (hlm. 59).
o . . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa benda bundar dan bulat mudah bergerak
o . . . . . . . . . . . .
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o . . . . . . . . . . . .
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Sumber energi gerak
Pertemuan / waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
U. Kompetensi Dasar
3.5
Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
V. Indikator
o Mengenali bentuk gerak.
o Menjelaskan penyebab gerak.
o Menunjukkan baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet sebagai sumber
energi gerak.
o . . . . . . . . . . . .
W. Materi Essensial
o Sumber energi gerak (hlm 59)
X. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Mobil mainan, bau baterai
Y. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
||
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi sumber energi gerak untuk menuntun siswa atau siswa
membaca secara bersama.
o Melakukan kegiatan 4.2 (hlm. 61)
o Siswa menunjukkan sumber tenaga seperti :
o . . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
||
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa tenaga orang, bensin, magne, dan baterai
adalah sumber energi gerak
o . . . . . . . . . . . .
|
(5 menit)
|
||
4. Pekerjaan Rumah
o Tugas 4.1 hlm. 62.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Kegunaan energi
Pertemuan / waktu : kedua / 2 x 30 menit
Metode : ceramah
A. Kompetensi Dasar
4.2
Mengidentifikasi
penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
B. Indikator
o Mencontohkan listrik dan panas sebagai kegunaan energi.
o Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
o . . . . . . . . . . . .
C. Materi Essensial
- Kegunaan energi (hlm 63)
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gambar mengenai kegunaan energi
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Menagih tugas 4.1
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
|
(5 menit)
|
|
o Membacakan materi kegunaan energi untuk menuntun siswa atau siswa membaca
secara bersama.
o Siswa mamapu menujukkan kegunaan dari energi, seperti:
o . . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
|
o Menyebutkan kesimpulan bahwa:
- panas dan listrik adalah energi
- makanan dan minuman adalah sumber energi untuk tubuh kita
|
(5 menit)
|
|
o Latihan soal dan uji kompetensi
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Berbagai benda langit
Pertemuan / waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
Z. Kompetensi Dasar
3.6 Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
AA.Indikator
o
Menceritakan benda-benda
langit yang terlihat di waktu siang dan malam hari.
o
Membuat gambar
benda-benda langit yang dapat terlihat di waktu siang dan malam hari.
o . . . . . . . . . . . .
BB.Materi Essensial
o Berbagai benda langit (hlm 70)
CC.
Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gambar benda langit (matahari, awan, bulan, bintang)
DD.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi berbagai benda langit untuk menuntun siswa atau siswa
membaca secara bersama.
o Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
o Siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada siang dan malam
hari.
o Siswa menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada siang hari.
o Siswa menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada malam hari.
o . . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa matahari, bulan dan bintang adalah benda
langit.
o . . . . . . . . . . . .
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o Mengambar benda langit di waktu siang dan malam hari.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Cuaca
Pertemuan / waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
EE.Kompetensi Dasar
3.7
Mengenal keadaan cuaca
di sekitar kita.
FF. Indikator
o
Menceritakan tanda-tanda
akan turunnya hujan.
o
Menjelaskan perbedaan
suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
o . . . . . . . . . . . .
GG. Materi Essensial
o Cuaca (hlm 71)
HH.
Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gambar saat langit mendung, petir, dan hujan
II. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menagih tugas mengambar pada pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi cuaca untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara
bersama.
o Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
o Menceritakan keadaaan langit saat hujan akan turun.
o . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa langit mendung menandakan hujan akan turun
o . . . . . . . . . . . .
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o . . . . . . . . . . . .
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Pengaruh musim
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
JJ. Kompetensi Dasar
3.8 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan
manusia.
KK.Indikator
o
Menceritakan pakaian
yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
o
Membandingkan ciri-ciri
musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
LL. Materi Essensial
o Pengaruh musim (hlm 73)
MM. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o Gambar musim hujan dan musim kemarau
NN.
Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2. Kegiatan Inti
o Membacakan materi pengaruh musim untuk menuntun siswa atau siswa membaca
secara bersama.
o Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media
o Siswa menceritakan tentang :
- 2 musim di indonesia yaitu musim hujan dan musim kemarau.
- pakaian yang harus dipakai saat musim hujan dan kemarau.
- Kegiatan manusia saat musim hujan dan kemarau.
o . . . . . . . . . . . .
|
(50 menit)
|
3. Penutup
o Menyebutkan kesimpulan bahwa musim mempengaruhi kegiatan manusia.
|
(5 menit)
|
4. Pekerjaan Rumah
o Latihan soal dan uji kompetensi
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Jakarta,
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar