Label

Kamis, 18 April 2013

contoh pembuatan RPP


Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Benda beraneka ragam
Pertemuan / waktu     : pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah dan demonstrasi

A.    Kompetensi Dasar
3.1  Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.

B.    Indikator
o   Menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/halus dan rasa benda/objek.
o   Menentukan persamaan dari benda yang berbeda.

C.   Materi Essensial
o   Benda beraneka ragam (hlm 39)

D.   Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gambar atau benda sesungguhnya.

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Menceritakan ciri-ciri benda


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Siswa dapat menunjukkan bahwa benda-benda dapat
-   berbeda bentuk.
-   Ada rasa manis, asin, asam, pahit
-   Ada yang lembut dan keras
-   Ada yang halus dan kasar
-   Berwarna warni
-   Ada benda yang harum dan berbau busuk
-   Ada benda yang sama bentuknya
o   .. . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa benda itu beraneka ragam


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   Tugas 3.1



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )








Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Benda berubah bentuk
Pertemuan / waktu     : pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah dan demonstrasi

F.    Kompetensi Dasar
3.2  Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya

G.   Indikator
o   Membandingkan bentuk benda.
o   Menceritakan hasil pengamatan perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu.

H.   Materi Essensial
o   Benda berubah bentuk (hlm 45)

I.      Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gambar perubahan benda

J.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menagih Tugas 3.1
o   Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi benda berubah bentuk untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama .
o   Siswa menunjukkan bahwa benda dapat berubah bentuk seperti:
                      i.    Tanah liat ® pot, genteng,   kendi, batu bata
                     ii.    Kayu        ® meja, kursi, lemari, pensil
                    iii.    Kapas      ® baju, celana, rok, kebaya
o   . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa benda dapat berubah bentuk menjadi bentuk lain dan mempunyai kegunaan yang berlainan.
o   . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   -



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )










Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Kegunaan benda
Pertemuan / waktu     : pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah dan praktek

K.    Kompetensi Dasar
3.3  Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar.

L.    Indikator
o   Menerangkan kegunaan benda di rumah, di sekolah dan tempat lain.
o   Mendemonstrasikan cara penggunaan beberapa benda.
o   . . . . . . . . . . . .

M.   Materi Essensial
o   Kegunaan benda (hlm 46)

N.   Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gpiring, garpu, sendok, pisau, roti, margarin dan selai

O.   Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o   Menceritakan perlunya merawat lingkungan sekitar.


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi kegunaan benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Siswa melakukan kegiatan 3.1
o   Siswa melakukan kegiatan 3.2
o   . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa setiap benda mempunyai kegunaan
o   . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   Uji Kompetensi dan latihan soal




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )












Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Gerak benda
Pertemuan / waktu     : pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah dan praktek

P.    Kompetensi Dasar
3.4  Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan.

Q.   Indikator
o   Membedakan bentuk benda yang mudah bergerak dan benda yang sulit bergerak.
o   Memperagakan cara menggerakkan benda
o   . . . . . . . . . . . .

R.   Materi Essensial
o   Gerak benda (hlm 58)

S.    Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gambar bola , roda

T.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi gerak benda untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
o   Melakukan kegiatan 4.1 (hlm. 59).
o   . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa benda bundar dan bulat mudah bergerak
o   . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   . . . . . . . . . . . .



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )











Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Sumber energi gerak
Pertemuan / waktu     : pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah dan praktek

U.   Kompetensi Dasar
3.5  Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)

V.    Indikator
o   Mengenali bentuk gerak.
o   Menjelaskan penyebab gerak.
o   Menunjukkan baterai, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet sebagai sumber energi gerak.
o   . . . . . . . . . . . .

W.  Materi Essensial
o   Sumber energi gerak (hlm 59)

X.    Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Mobil mainan, bau baterai

Y.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi sumber energi gerak untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Melakukan kegiatan 4.2 (hlm. 61)
o   Siswa menunjukkan sumber tenaga seperti :
-   tenaga orang
-   bensin
-   magnet
-   baterai
o   . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa tenaga orang, bensin, magne, dan baterai adalah sumber energi gerak
o   . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   Tugas 4.1 hlm. 62.



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )








Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Kegunaan energi
Pertemuan / waktu     : kedua / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah

A.    Kompetensi Dasar
4.2  Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)

B.    Indikator
o   Mencontohkan listrik dan panas sebagai kegunaan energi.
o   Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
o   . . . . . . . . . . . .

C.   Materi Essensial
  • Kegunaan energi (hlm 63)

D.   Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gambar mengenai kegunaan energi

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o   Menagih tugas 4.1
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o   Membacakan materi kegunaan energi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Siswa mamapu menujukkan kegunaan dari energi, seperti:
-   Minyak tanah ® kompor
-   Listrik ® TV, lampu, Bohlam, setrika , lemari es
-   Makanan ® sumber energi tubuh manusia
o   . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

  1. Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa:
-       panas dan listrik adalah energi
-       makanan dan minuman adalah sumber energi untuk tubuh kita


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   Latihan soal dan uji kompetensi




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )







Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Berbagai benda langit
Pertemuan / waktu     : pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah dan praktek

Z.    Kompetensi Dasar
3.6  Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.

AA.Indikator
o   Menceritakan benda-benda langit yang terlihat di waktu siang dan malam hari.
o   Membuat gambar benda-benda langit yang dapat terlihat di waktu siang dan malam hari.
o   . . . . . . . . . . . .

BB.Materi Essensial
o   Berbagai benda langit (hlm 70)

CC.        Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gambar benda langit (matahari, awan, bulan, bintang)

DD.        Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan.


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi berbagai benda langit untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
o   Siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada siang dan malam hari.
o   Siswa menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada siang hari.
o   Siswa menunjukkan benda-benda langit yang tampak pada malam hari.
o   . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa matahari, bulan dan bintang adalah benda langit.
o   . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   Mengambar benda langit di waktu siang dan malam hari.



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )









Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Cuaca
Pertemuan / waktu     : pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : ceramah dan praktek

EE.Kompetensi Dasar
3.7  Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita.

FF. Indikator
o   Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan.
o   Menjelaskan perbedaan suhu pada musim hujan dan musim kemarau.
o   . . . . . . . . . . . .

GG.       Materi Essensial
o   Cuaca (hlm 71)

HH.        Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gambar saat langit mendung, petir, dan hujan

II.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menagih tugas mengambar pada pertemuan sebelumnya
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi cuaca untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media belajar.
o   Menceritakan keadaaan langit saat hujan akan turun.
o   . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa langit mendung menandakan hujan akan turun
o   . . . . . . . . . . . .


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   . . . . . . . . . . . .



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )











Mata Pelajaran            : SAINS
Materi Pokok              : Pengaruh musim
Pertemuan / waktu     : Pertama / 2 x 30 menit
Metode                        : Ceramah

JJ.  Kompetensi Dasar
3.8  Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan terhadap kegiatan manusia.

KK.Indikator
o   Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
o   Membandingkan ciri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.

LL.  Materi Essensial
o   Pengaruh musim (hlm 73)

MM.      Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
o   Gambar musim hujan dan musim kemarau

NN.        Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.    Pendahuluan
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.    Kegiatan Inti
o   Membacakan materi pengaruh musim untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
o   Menjelaskan materi yang telah dibacakan dengan menggunakan media
o   Siswa menceritakan tentang :
-   2 musim di indonesia yaitu musim hujan dan musim kemarau.
-   pakaian yang harus dipakai saat musim hujan dan kemarau.
-   Kegiatan manusia saat musim hujan dan kemarau.
o   . . . . . . . . . . . .


(50 menit)

3.    Penutup
o   Menyebutkan kesimpulan bahwa musim mempengaruhi kegiatan manusia.


(5 menit)

4.    Pekerjaan Rumah
o   Latihan soal dan uji kompetensi



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar